@thesis{thesis, author={Abdilah Wahyu}, title ={PROFIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI POTENSI STEAM DI SMA NEGERI 1 BANTARKAWUNG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/168/}, abstract={Penerapan Kurikulum Merdeka memerlukan kesiapan sekolah dan guru untuk sehingga butuh waktu memahami rancangan tersebut. Selain itu, ketersediaan sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran Kurikulum Merdeka. Selain itu, ketersediaan sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran Kurikulum Merdeka. Implementasi Kurikulum Merdeka diterapkan disemua mata pelajaran salah satunya Biologi. Pembelajaran biologi memerlukan strategi yang inovatif dalam membangun dan mengembangkan kecakapan berpikir krtis serta melek teknologi. Saat ini telah dikemabangkan inovasi pembelajaran yaitu STEAM. Upaya untuk mewujudkan potensi STEAM pada pembelajaran biologi perlu memerlukan sebuah konsep matang dan terencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil implementasi Kurikulum Merdeka SMA Negeri 1 Bantarkawung, potensi penerapan pendekatan STEAM, dan kendala implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMA Negeri 1 Bantarkawung telah menerapkan Kurikulum Merdeka serta telah melaksanakan kegiatan P5 sebagai program implementasi Kurikulum Merdeka, terdapat dua orang guru namun sekolah SMA Negeri 1 Bantarkawung menjadi sekolah penggerak (2) pembelajaran biologi subabb pemanasan global: konsep dan solusi pada materi perubahan lingkungan dalam penerapan Kurikulum Merdeka berpotensi penerapan pendeketan STEAM (3) Kendala implementasi Kurikulum Merdeka yaitu keterbatasan waktu dalam mempersiapakan kegiatan P5, sarana dan prasarana kurang memadai, dan guru minimya referensi Kurikulum Merdeka. Kata kunci: profil implementasi Kurikulum Merdeka SMA Negeri 1 Bantarkawung, potensi pendekatan STEAM, dan kendala implementasi Kurikulum Merdeka.} }