@thesis{thesis, author={LESTARI SRI}, title ={PENGARUH METODE POLYA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1680/}, abstract={Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal cerita volume kubus dan balok yang mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Apakah metode Polya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok? 2)Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok antara penggunaan metode Polya dengan metode diskusi? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui apakah metode Polya berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dalam memecahkan masalah soal cerita materi volume bangun ruang kubus dan balok kelas V SDN Bandarharjo 02. 2)Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika dalam memecahkan masalah soal cerita materi volume bangun ruang kubus dan balok antara penggunaan metode Polya dengan diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk Quasi Experiment Type Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Bandarharjo 02 tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 54 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan sampling non probability atau sampel tanpa acak. Instrumen yang digunakan berupa tes, pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk tes uraian, serta instrumen non tes berupa dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa analisis diskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji nonparametrik dengan uji Wilcoxon dan uji Mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Polya dalam pemecahan masalah soal cerita bangun ruang kubus dan balok terhadap hasil belajar kelas VA SDN Bandarharjo 02. Hal ini diketahui dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test diketahui Asymp Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena perhitungan menggunakan taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima. Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji Mann Whitney yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dimana nilai 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Hasil belajar soal cerita volume kubus dan balok yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggri dari kelas kontrol, ditunjukkan rata-rata kelas eksperimen 70,85 dan kelas kontrol 20,59.} }