@thesis{thesis, author={UTOMO MUHAMMAD BUDI}, title ={KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 9 KELAS V SDN SOKOPULUHAN 02 PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1683/}, abstract={MUHAMAD BUDI UTOMO. NPM 16120082. ?Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 9 Kelas V SDN Sokopuluhan 02 Pati?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung, Hasil belajar pada mata pelajaran tema 9 masih rendah dan Guru masih mengalami kendala dalam penggunaan metode pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaaan Model pemeblajaran Problem Based Learning Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 9 SDN Sokopuluhan 02 Pati ?, Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 9 SDN Sokopuluhan 02 Pati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Sokopuluhan 02 Pati. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SDN Sokopuluhan 02 pati yang terdiri dari 13 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, taraf kesukaran, uji Realiabilitas, dan uji ketuntasan belajar individu dan uji ketuntasan belajar kelas. Hasil penghitungan data pretest dan posttest mempunyai nilai sig. 0,613 dan 0,658 atau lebih besar dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data pretest dan posttest tersebut normal. Sehingga dapat dilanjutkan ketahp berikutnya. Berdasarkan diketahui bahwa harga t-hitung 7,622 lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu 7,622 (7,622>2,728), artinya ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan rata-rata skor dalam soal pilihan ganda antara postes dan pretes. Nilai t-hitung positif menunjukkan bahwa rata-rata hasil postes lebih tinggi dari pada rata-rata hasil pretest. Metode pembelajaran PBL efektif terhadap Hasil siswa dalam Tema 9 Kelas V. Bagi siswa, harus aktif, kreatif, dan kritis dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar yang memiliki kemampuan berpikir serta Hasil belajar yang lebih baik. Kata Kunci : Learning, Tematik, Hasil Belajar Siswa.} }