@thesis{thesis, author={RIKIDAYANTO MUHAMMAD FAJAR}, title ={PENERAPAN METODE PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN NOVEL DUA GARIS BIRU KARYA LUCIA PRIANDARINI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS IX MTS TAQWIYATUL WATHON DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1688/}, abstract={Muhammad Fajar Rikidayanto. NPM 19410126. Penerapan Metode Paired Storytelling Berbantuan Novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen pada Peserta Didik Kelas IX MTs Taqwiyatul Wathon Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Dr. Asropah, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Nazla Maharani Umaya, S.S., M.Hum. Juli 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi suasana pembelajaran yang monoton dapat berupa kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Metode pembelajaran yang monoton dapat menyebabkan pendidik merasa bosan dan kurang tertarik dalam mempelajari materi pelajaran. Hal ini dapat berdampak negatif pada motivasi dan kinerja peserta didik dalam belajar. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan penerapan media tertentu untuk memberikan variasi dan ketertarikan peserta didik dalam menulis sehingga memudahkan peserta didik dalam menulis teks cerpen pada peserta didik kelas IX MTs Taqwiyatul Wathon Demak. Media yang digunakan adalah media pembelajaran berupa novel. Media dapat membantu pendidik dalam menjelaskan materi sehingga peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode paired storytelling berbantuan novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada peserta didik kelas IX MTs Taqwiyatul Wathon Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media kartun dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada peserta didik kelas penerapan metode paired storytelling berbantuan novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada peserta didik kelas IX MTs Taqwiyatul Wathon Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara memberikan soal tes untuk menulis teks cerpen, dan teknik nontes dilakukan dengan melakukan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas. Dari hasil yang didapat berupa data tes dan nontes. Data tes yang diperoleh yaitu berupa nilai rata-rata peserta didik mencapai 80,84 atau kategori baik dengan sebanyak 3 peserta didik mendapatkan nilai tertinggi mencapai 90-93, dan sebanyak 4 peserta didik mendapatkan nilai terendah sebesar 70-73. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pendidik harus memperhatikan penerapan metode dengan bantuan media yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Lingkungan yang dibangun pendidik harus mendorong cara berpikir kreatif, inovatif, evaluasi kritis, dan cara pikir yang berdaya guna. Kata kunci: metode pembelajaran paired storytelling, penerapan, teks cerpen} }