@thesis{thesis, author={ANDINI SRI NUR}, title ={ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA EKSPRESIF PADA KEGIATAN LITERASI DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SD N SENDANGGUWO 02 SEMARANG SEMESTER GENAP 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1691/}, abstract={Latar belakang penelitian ini adalah pada kegiatan literasi ditemukan peserta didik kelas 4 sebanyak 3 orang yang belum lancar membaca. Keterampilan berbahasa ekspresif dengan pendekatan whole language pada peserta didik kelas 4 yang berkaitan dengan pelaksanaan kegaiatan literasi. Kemudian keterampilan berbahasa ekspresif pada kegiatan literasi dengan pendekatan whole langauage ditemukan 2 dari 8 komponen pendekatan tersebut. Rumusan permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan kegiatan literasi dan keterampilan berbahasa ekspresif pada peserta didik kelas 4 SD N Sendangwo 02 Semarang. Tujuan yang hendak dicapai adalah mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan literasi dan keterampilan berbahasa ekspresif dengan pendekatan whole language pada peserta didik kelas 4 SD N Sendangguwo 02 Semarang semester genap 2022/2023. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SD N Sendangguwo 02 Semarang menggunakan sampel 5 peserta didik di kelas 4. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian diperoleh pelaksanaan literasi telah berjalan sesuai dengan kurikulum merdeka di satuan pendidikan sekolah dasar. Pelaksanaan literasi dilakukan 15 menit setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai. Keterampilan berbahasa ekspresif pada kegiatan literasi dengan pendekatan whole language pada peserta didik di kelas 4 SD N Sendangguwo 02 Semarang membantu peserta didik kelas 4 untuk membentuk pengetahuan dan keterampilan berbahasa ekspresi melalui membaca bebas secara pemahaman dan membaca performa. Melalui literasi keterampilan berbahasa ekspresif menggunakan pendekatan whole language membuat kegiatan lebih menyenangkan dan membebaskan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah literasi pelaksanaannya berjalan dengan baik di SD N Sendangguwo 02 Semarang. Keterampilan berbahasa ekspresif peserta didik kelas 4 meningkat dengan menerapkan pendekatan whole language dalam segi kualitas kegiatan membaca serta kegiatan membaca menjadi lebih bermakna. Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa Ekspresif;Literasi;Whole Language} }