@thesis{thesis, author={SUPARMI SRI}, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK TADIKA PURI SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1705/}, abstract={Konteks penelitian yang melatarbelakangi penelitian adalah Sebagian besar kemampuan berpikir kritis anak didik masih rendah sehingga perlu untuk dikembangkan, setelah melakukan pengamatan, penulis mendapati bahwa rendahnya kemampuan berpikir anak didik dalam proses kegiatan pembelajaran yang terlihat bahwa anak belum dapat mengemukakan pendapat dari hasil pemikirannya serta belum dapat berpikir secara luas dan mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen pada anak usia dini di kelompok B TK Tadika Puri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Penilaian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini menggunakan prosedur kerja dengan siklus dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kegiatan eksperimen sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan belajar, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan antusias tanya jawab, meningkatkan kemampuan mengamati/ menganalisis dan rasa kebersamaan dengan temanteman serta kepada guru dan orang lain, dengan eksperimen anak juga dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah untuk memutuskan tindakan dan memberikan pengalaman emosional yang mendalam. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah agar metode pembelajaran eksperimen di Kelompok B TK Tadika Puri Semarang dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak didik yang dapat menciptakan suasana kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga anak didik lebih semangat, antusias dan aktif.} }