@thesis{thesis, author={UMAMI MUHAMMAD RIZAL}, title ={EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MELALUI STEAM PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN PALEBON 01 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1709/}, abstract={Muhammad Rizal Umami. NPM 19120056. ?Efektivitas Pembelajaran Melalui STEAM Pada Kurikulum Merdeka Di SDN Palebon 01? Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Kiswoyo, MM. 2023 Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru mengajar dengan monoton, sering menggunakan gaya mengajar yang berulang-ulang sama yaitu dengan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Guru belum mencoba mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif untuk menunjang proses pembelajaran itu sendiri. Hasil belajar siswa pada kurikulum merdeka pelajaran IPA rata-rata masih rendah. Siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan cenderung bosan dalam menerima pelajaran. Tujuan penelitian adalah utk mengetahui efektfitas pembelajaan STEAM pada kurikulumm merdeka terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Palebon 01 Semarang Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Palebon 01 berjumlah 45 siswa. Sampel semua siswa kelas IV SDN Palebon 01 berjumlah 22 siswa dengan menggunakan teknik jenis sampling jenuh. Variabel bebas adalah Model STEAM dan variabel terikat adalah Hasil belajar IPA . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan Non tes, tes. Analisi data adalah uji instrumen, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t dan uji n-gain) Hasil analisis data menunjukan bahwa Nilai rata-rata untuk kedua kelas terdapat perbedaan di group statistic di kelas eksperimen sebesar 81.76, sedangkan kelas kontrol sebesar 64,20. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 maka nilai 0,00 < 0,05. Nilai t hitung sebesar 5,740 Nilai ttabel sebesar 2,0167 maka nilai t hitung > t tabel (5,740 > 2,0167). Maka hipotesis diterima. artinya terdapat efektivitas model STEAM daripada pembelajaran langsung terhadap hasil belajar IPA kelas IV pada kurikulum merdeka materi perubahan benda. Serta uji n-gain menunjukan pembelajaran model STEAM diperoleh nilai n-gain persen sebesar 66.83 yang ditafsirkan cukup efektif maka pemebelajaran model STEAM cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV pada kurikulum merdeka materi perubahan benda. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran pemeblajaran STEAM dapat menjadi salah satu referensi dan dapat digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : STEAM, Hasil Belajar IPA} }