@thesis{thesis, author={SUPRIYANTI SRI}, title ={UPAYA MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN DEMAK}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1718/}, abstract={Yang melatar belakangi dalam mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sosial emosional pada anak. Ini disebabkan kurangnya media yang menarik dalam meningkatkan aspek perkembangan sosial emosional anak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan aspek sosial emosional anak melalui media video animasi pada usia 5-6 tahun di Tk Negeri Pembina Kabupaten Demaktahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini di buat dengan tujuan untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak melalui media video animasi pada usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Demaktahun pelajaran 2022/2023. Adapun Subjek penelitian berjumlah 16 anak yang terdiri dari 6 laki laki dan 10 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini digunakan teknik Pengumpulan data berupa lembar observasi (Cecklist) dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan sosial emosional anak dapat dikatakan berhasil apabila presentase kemampuan sosial emosional anak mencapai 75 %. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media Video Animasi dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada TK Negeri Pembina Kabupaten Demak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak dari pra tindakan sebesar 43,75 % pada siklus I meningkat sebesar 68,75 % dan pada siklus 2 meningkat sebesar 87,5 %. Kesimpulannya yaitu bahwa media Video Animasi dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media Video Animasi yang lebih beragam dalam kegiatan pembelajaran Aspek sosial emosional yang dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.} }