@thesis{thesis, author={WARTI SRI}, title ={UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN DO’A DALAM SHOLAT MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI RA MISBACHUSSUNAN TLOGOWERU GUNTUR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1720/}, abstract={Anak-anak RA Misbachussunan kemampuan hafalan do?a dalam sholatnya masih rendah. Untuk itu perlu ditingkatkan melalui metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hafalan do?a dalam sholat pada anak kelompok B di RA Misbachussunan Tlogoweru Guntur Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I selama 3 bulan yang dimulai bulan Oktober sampai bulan Desember 2022, bertempat di RA Misbachussunan Tlogoweru Guntur Demak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 24 anak yang terdiri atas 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) membuat perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) mengadakan pengamatan, (4) merefleksi hasil pengamatan tindakan. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hafalan do?a dalam sholat dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang menghafal do?a dalam sholat dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 5 anak yang berkembang sesuai harapan mampu menghafal do?a dalam sholat. Sedangkan pada akhir tindakan 21 anak dapat menghafal do?a dalam sholat dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa hafalan do?a dalam sholat anak kelompok B RA Misbachussunan Tlogoweru Guntur Demak Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran.} }