@thesis{thesis, author={RAHMA NUR SHOFIA}, title ={DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SEGI BANYAK MENGGUNAKAN TANGRAM BERBASIS SENI DAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN MOJOAGUNG PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/178/}, abstract={Nur Shofia Rahma. NPM 19120137. ?DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SEGI BANYAK MENGGUNAKAN TANGRAM BERBASIS SENI DAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN MOJOAGUNG PATI?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Rofian, M.Pd. Agustus, 2023. Latar Belakang dalam penelitian ini yaitu pada pembelajaran matematika geometri fase B kelas IV ditemukan permasalahan yaitu mendeskripsikan ciri berbagai bangun datar segi tiga dan segi empat dan menyusun (komposisi ) berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan yaitu kurangnya media konkret yang menunjang pembelajaran geometri pada materi segi banyak sehingga pemahaman peserta didik kurang maksimal. Selain itu, penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan banyaknya siswa yang merasa malas untuk belajar matematika, siswa kesulitan dalam penggunaan konsep serta kecenderungan kebiasaan belajar yang menggunakan metode ceramah. Fokus pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media tangram dalam pembelajaran matematika pada materi segi banyak siswa kelas IV di SDN Mojoagung. Media pembelajaran dapat menunjang dalam tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri terutama penggunaan media konkret pada siswa kelas IV materi bangun datar segi banyak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan metodenya menggunakan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, tes, dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media tangram pada materi bangun datar segi banyak memiliki kriteria cukup. Hasil analisis menunjukkan bahwa kriteria hasil belajar siswa secara keseluruhan termasuk dalam kriteria Cukup. Adapun kriteria hasil belajar siswa dengan kriteria sangat tinggi sebesar 8,33%, kriteria tinggi sebesar 66,67%, dan untuk kriteria cukup sebesar 25%. Penggunaan media tangram bermanfaat dalam pembelajaran matematika.siswa menjadi senang belajar dan tidak bosan dalam belajar matematika, bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran matematika karena siswa juga bisa bermain sambil sekaligus belajar.} }