@thesis{thesis, author={MUFTI NEZA ANISSA}, title ={ANALISIS MUATAN DIMENSI KREATIF PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 02 KENDALSARI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1784/}, abstract={Neza Anissa Mufti, ?ANALISIS MUATAN DIMENSI KREATIF PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 02 KENDALSARI?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Dosen Pembimbing I Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Rofian, S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanaan muatan dimensi kreatif pada projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka, mengembangkan elemen dimensi kreatif yang sesuai dengan nilai karakter yang yang tertanam di tiap butir sila-sila pada pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksanaan muatan dimensi kreatif pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Deskriptif merupakan merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif, yaitu: Observasi, Angket dan Kuesioner, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil analisis projek yang sudah dibuat peserta didik ialah dapat menuangkan ide kreatifitasnya dengan membuat tempat pensil yang berpola karakter sesuai kreatifitasnya, peserta didik telah menuangkan ide kreatifitasnya dengan menghias dan memodifikasi pola bentuk tersebut dengan kain flannel. Peserta didik dapat menerapkan elemen elemen yang ada pada dimensi kreatif, seperti menghasilkan karya yang didorong oleh minat peserta didik dan memodifikasi karya sehingga menghasilkan karya yang baru, dalam proses pembuatan projek peserta didik dapat fokus dalam pembuatan kreatifitas yang dibuatnya. Saran yang dapat peneliti sampaikan mengenai pelaksanaan projek dimensi kreatif profil pelajar pancasila dapat dilihat dari hasil penelitian peserta didik merasa antusias dengan adanya pelaksanaan projek P5, alangkah baiknya sebelum projek dilaksanakan sekolah sudah membentuk tim fasilitator dengan berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait projek profil (orang tua, mitra, lingkungan satuan pendidikan, dll. ) dan alangkah baiknya pelaksanaan P5 tersebut dapat terus dilaksanakan setiap minggunya, agar peserta didik dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam penguatan dimensi kreatif pada lingkungan sekitarnya. Kata Kunci : Dimensi Kreatif, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila} }