@thesis{thesis, author={RAHAYU NILA PRAMESTI}, title ={PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOUND DALAM MENANAMKAN KARAKTER KERJA KERAS KELAS V SDN 1 MOJOAGUNG KECAMATAN KARANGRAYUNG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1789/}, abstract={NILA PRAMESTI RAHAYU. NPM 19120011. ?Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound Dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Kelas V SD?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. Pembimbing II Mudzanatun, S.Pd., M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah belum diterapkannya model permainan yang kreatif dan inovatif yang dapat menumbuhkan karakter kerja keras serta kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar. Selain itu, pembentukan karakter peserta didik yang belum optimal ditandai dengan peserta didik mulai melakukan kegiatan dengan semaunya tidak didasari dengan kerja keras pada saat melakukan pembelajaran khususnya peserta didik yang sudah menjangkau kelas tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengembangan dan kelayakan model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter kerja keras bagi peserta didik kelas V SD? Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah Untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter kerja keras bagi peserta didik kelas V SD. Subjek penelitian pada uji coba lapangan dilakukan pada kelas V SD Negeri 1 Mojoagung dengan jumlah 19 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan pengembangan sampai dengan tahap keenam yaitu Uji Coba Produk. Serta, berdasarkan kesepakatan hasil senat Fakultas bahwa mahasiswa S1 yang melakukan penelitian pengembagan hanya sampai tahap keenam yaitu Uji Coba Produk. Tahapan prosedur pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, dan Uji Coba Produk. Berdasarkan analisis data hasil angket validasi model memperoleh hasil 96% dan hasil angket validasi materi memperoleh hasil sebesar 81%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik sebesar 88,94% yang berisikan 10 item tentang karakter kerja keras dan tanggapan guru sebesar 98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter kerja keras termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. Saran yang dapat diberikan penggunaan model permainan berbasis outbound dapat dijadikan alternatif bagi guru sebagai inovasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang dapat meningkatkan tiga ranah kemampuan. Kata Kunci: Pengembangan, Model permainan berbasis Outbound, Karakter Kerja Keras} }