@thesis{thesis, author={SARI NILAM PERMATA}, title ={KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS IV SDN WONOREJO 02}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1792/}, abstract={NILAM PERMATA SARI. NPM 18120024. ?Keefktifan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 02?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Joko Sulianto, M.Pd. Pembimbimg II Prof. Dr. A.Y. Soegeng,Ysh, M.Pd. Januari. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembulatan pada bilangan cacah, kegiatan siswa dalam pembelajaran cenderung pasif, adanya media pembelajaram dikelas namun kurang maksimal, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa berupa keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh?tumbuhan, manusia, atau hal-hal yang dijadikan bahan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengunaan media Pop Up Book efektif terhadap hasil belajar pada bilangan cacah siswa kelas IV SDN Wonorejo 02?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keefektifan media game pembelajaran terhadap hasil belajar materi bilangan cacah di kelas IV SDN Wonorejo 02. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre?eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pretest 47,3 dan rata-rata posttest 84,6. Berdasarkan uji paired sampel t-test dengan df = N-1 = 33-1 = 32 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 14,343 ttabel = 2.039 . Ketuntasan belajar individu dipandang tuntas belajar apabila memenuhi nilai KKM yaitu 70. Ketuntasan belajar klasikal yaitu 98%. Dari hasil tersebut diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa media pop up book efektif terhadap hasil belajar materi bilangan cacah di kelas IV SDN Wonorejo 02. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis menyampaikan bahwa, jika penggunaan media tersebut lebih maksimal dan dimanfaatkan serta dapat dikembangkan oleh guru, saat pembelajaran bukan hanya sebagai hiasan namun juga akan lebih efektif jika digunakan. Hal tersebut juga dapat mendorong siswa agar semangat dalam belajar. Perbandingan dari proses dan hasil dalam pembelajaran saat menggunakan media, dalam perbandingan saat tidak mengunakan media akan terlihat jelas dalam kegiatan pembelajaran tersebut.} }