@thesis{thesis, author={ADI SYAHRAMA SOFYAN}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GARASI HITAM (GAME OPERASI HITUNG CAMPURAN) BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1794/}, abstract={Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SD Negeri Gunungpanti 02 dan SD Negeri Godo 01 terdapat kendala dalam proses pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran. Salah satu kendala yang dialami oleh siswa yaitu siswa merasa bosan dan jenuh saat pelajaran matematika, bahkan ada beberapa anak yang menganggap matematika itu menakutkan. Selain itu guru belum menerapkan atau menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika operasi hitung campuran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah pengembangan media pembelajaran ?Garasi Hitam? berbasis aplikasi construct 2 layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD ?. 2) Apakah pengembangan media pembelajaran ?Garasi Hitam? berbasis Aplikasi construct 2 pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran di kelas IV SD memenuhi nilai valid ? Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Aplikasi consturct 2 digunakan sebagai bahan ajar pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD dan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis aplikasi consturct 2 sebagai bahan ajar pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dari tahapan penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gunungpanti 02 dan SD Negeri Godo 01 Kabupaten Pati. Hasil penilaian kevalidan media pembelajaran Garasi Hitam dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media sebesar95,5% dan ahli materi sebesar 86,5%. Diperoleh hasil persentase dari angket guru sebesar 100% dan angket siswa sebesar 88,7% dengan kategori ?sangat sesuai?. Sehingga didapatkan hasil, media pembelajaran Garasi Hitam pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Penelitian dan pengembangan, Media Pembelajaran, Construct2, Operasi hitung campuran, Game Edukasi} }