@thesis{thesis, author={LUTFIANA NISA DWI}, title ={PENDIDIKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER REBANA DI MI SIDALANG KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1795/}, abstract={NISA DWI LUTFIANA. NPM 18120102. ?Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler Rebana Di MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Bapak Moh Aniq Khairul Basyar, S.Pd., M.Hum., Pembimbing II Ibu Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. 2023. Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Dalam pendidikan karakter terdapat nilai-nilai karakter, nilai-nilai yang diperlukan dalam membentuk karakter yang baik pada diri seseorang. Nilai-nilai karakter tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler rebana yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Penelitian ini terfokus pada (1) Bagaimana pendidikan karakter siswa yang ada di MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang? (2) Bagaimana upaya guru untuk menanamkan pendidikan karakter pada saat ekstrakurikuler rebana di MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang? Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan pendidikan karakter siswa yang ada di MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. (2) Mendeskripsikan upaya guru untuk menanamkan pendidikan karakter pada saat ekstrakurikuler rebana di MI Sidalang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru pelatih ekstrakurikuler rebana, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rebana. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter siswa di MI Sidalang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rebana cenderung lebih baik dibandingkan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler rebana. Di dalam ekstrakurikuler rebana tersebut guru menanamkan nilai-nilai karakter sehingga karakter baik dapat tertanam pada diri siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa saat melaksanakan ekstrakurikuler rebana yaitu dengan memberikan arahan, motivasi, contoh, dan juga sanksi bagi siswa yang melanggarnya, guru juga selalu memberikan pengalaman yang inspiratif, sebab dengan cara tersebut dapat membuat siswa berpikir dan juga tertanam karakter pada diri mereka. Saran yang dapat disampaikan peneliti setelah penelitian agar tetap mempertahankan bahkan meningkatkan pendidikan karakter dan juga menanamkan pada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, serta memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler di luar jam pelajaran. Guru juga harus berani bertindak tegas apabila ada siswa yang melakukan kesalahan. Kata Kunci : pendidikan karakter, ekstrakurikuler rebana} }