@thesis{thesis, author={YANTI NORMA}, title ={ANALISIS FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN DALAM PENERAPAN PROKES UNTUK MENGHINDARI COVID-19 MELALUI PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT) TERHADAP SISWA KELAS III SDN KARANGASEM MRANGGEN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1804/}, abstract={NORMA YANTI. NPM 19120215. ?Analisis Film Animasi Upin dan Ipin Dalam Penerapan Prokes Untuk Menghindari Covid-19 Melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Terhadap Siswa Kelas III SDN Karangasem?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penerapan prokes PHBS untuk menghindari penularan Covid-19 anak-anak di SDN Karangasem belum maksimal. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman anak mengenai pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana analisis film animasi upin dan ipin episode 16 ?Guna Masker Betul-Betul? dalam penerapan prokes untuk menghindari covid-19 melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehar) siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen?, 2) Bagaimana penerapan prokes untuk menghindari covid-19 melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Menganalisis film animasi upin dan ipin episode 16 ?Guna Masker Betul-Betul? dalam penerapan prokes untuk menghindari covid-19 melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen 2) Penerapan prokes untuk menghindari covid-19 melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 3 siswa dan 3 walimurid dari siswa tersebut untuk dilakukan wawancara. Untuk pengambilan sampel ini dipilih dengan kategori siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis film animasi upin dan ipin ini menggunakan cerita yang terjadi dalam kehidupan siswa sehari-hari terutama mengenai situasi pandemi covid-19 yang sedang terjadi, serta berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa video animasi ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran terutama mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu video animasi juga memudahkan anak untuk memahami dan meniru pesan-pesan yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru dapat mengimplementasikan film animasi upin dan ipin sebagai media pembelajaran serta dapat dijadikan motivasi bagi siswa karena didalamnya banyak terdapat nilai-nilai dan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah film animasi Upin dan Ipin dapat dijadikan media pembelajaran serta motivasi bagi anak sekolah dasar.} }