@thesis{thesis, author={SARI NOVIA PURNAMA}, title ={PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MESEM CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI NGENING 01}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1809/}, abstract={NOVIA PURNAMA SARI. NPM 16120019 ?Pengaruh Model Project Based Learning Berbantu Media Mesem Cycle Terhadap Hasil Belajar Tema Cita?Citaku Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Ngening 01?. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Hal tersebut disebabkan karena rendahnya perhatian peserta didik ketika menjelaskan, peserta didik kesulitan mempelajari materi yang terlalu dangkal. Sehingga peran serta peserta didik dalam pembelajaran kurang optimal. Oleh karena itu diperlukan strategi strategi belajar untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang berkaitan dengan lingkungan disekitar dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantu media Mesem cycle, sehingga peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran, dan membuat suasana merasa nyaman, senang dan lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas IV di SD Negeri Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dengan menggunakan model project based learning. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantu media Mesem cycle terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ngening 01 tahun pelajaran 2021/ 2022. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ngening 01 yang berjumlah 27 orang dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model project based learning berbantu media Mesem cycle. Dari hasil uji regresi diperoleh pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 64%. Dapat disimpulkan ada pengaruh model project based learning tema cita-citaku terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten PatiTahun Pelajaran 2021/2022. Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan dengan model project based learning berbantu media Mesem cycle dapat mendorong guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif serta mampu mendorong peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar.} }