@thesis{thesis, author={NABILLA NOVIANA}, title ={ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ BERBANTU GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 1 PENYANGKRINGAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1813/}, abstract={NOVIANA NABILLA. NPM 19120178. ?Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Quiz Berbantu Gambar dalam Pembelajaran IPS Kelas VB SD Negeri 1 Penyangkringan?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah siswa masih cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa belum mampu berpikir kritis terhadap permasalahan yang ada, siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS kelas VB SD Negeri 1 Penyangkringan?. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS kelas VB SD Negeri 1 Penyangkringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS kelas VB yang penulis peroleh melalui data wawancara kepala sekolah, guru kelas, siswa kelas VB serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS kelas VB SD negeri 1 Penyangkringan dapat dilihat dari siswa mampu menentukan fokus permasalahan untuk dapat disusun menjadi sebuah pertanyaan. Selain itu, siswa mampu menganalisis argumen dan siswa mampu mengambil keputusan terhadap permasalahan yang ada tanpa membiarkan ketidaksepakatan yang menganggu pikiran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas guru dapat memanfaatkan model pembelajaran interaktif dan inovatif. Penggunaan model pembelajaran yang tepat tentunya akan membuat kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.} }