@thesis{thesis, author={EFITASARI TITIK}, title ={APLIKASI BOOKING SERVICE ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO (FIRST IN FIRST OUT) BERBASIS WEBSITE PADA TRESNO SERVICE BLORA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1835/}, abstract={Mobil merupakan kendaraan yang belakangan banyak peminatnya. Selain karena kenyamanannya untuk bepergian, juga karena fasilitas yang diberikan. Semakin bertambahnya jumlah pengguna mobil semakin banyak pula jumlah pelanggan yang ingin memperbaiki atau merawat mobilnya ke bengkel. Dalam pelayanan jasa service mobil yang memakan banyak waktu lama, pelanggan yang datang terakhir harus menunggu. Sistem antrian juga masih dilakukan secara manual,sehingga kadang montir lupa siapa pelanggan yang harus dilayani terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan lamanya waktu antrian bagi para pelanggan. Dalam beberapa kasus antrian,banyak pelanggan memutuskan untuk pindah ke tempat lain dikarenakan tidak ingin menunggu terlalu lama. Oleh karena itu, aplikasi booking online ini dibuat dan dirancang sedemikian rupa agar dapat menjadi solusi untuk permasalahan panjangnya antrian service mobil di bengkel Tresno Service. Menggunakan algoritma FIFO(First In Fisrt Out) dalam penerapannya dimana pelanggan yang melakukan pemesanan antrian terlebih dahulu yang akan di proses. Sistem ini dirancang menggunakan metode waterfall karena dirasa paling cocok untuk diterapkan pada aplikasi booking service ini. Langkah-langkah untuk melakukan booking online yakni masuk ke sistem informasi melalui website ponsel/desktop, kemudian reservasi dengan mengisi data diri pelanggan serta jenis service yang diinginkan. Sistem informasi ini dibuat menggunakan aplikasi XAMPP,MySQL,dan PHP MyAdmin. Hasil pengujian white box berdasarkan complexity cyclomatic 3 dan black box testing memiliki tingkat keberhasilan dengan presentase 100% dengan tingkat kegagalan 0%, serta hasil pengujian UAT 92%. Kata kunci : booking online,service,bengkel,nomor antrian,website.} }