@thesis{thesis, author={Maesaroh Siti}, title ={PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI SIKLUS AIR TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 HARJOWINANGUN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/184/}, abstract={Siti Maesaroh. NPM 19120319. Penerapan Model Project Based Learning Materi Siklus Air Terhadap Kreativitas Siswa Kelas V SD Negeri 1 Harjowinangun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya penguasaan materi, kreativitas, dan minat belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan proses belajar masih didominasi oleh guru, dalam pembelajaran guru masih berpatokan pada buku sebagai sumber belajar dan kurang memanfaatkan lingkungan alam sekitar, serta penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi dan belum sesuai dengan materi. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hasil dari penerapan model Project Based Learning pada materi siklus air untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas V SD Negeri 1 Harjowinangun. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan jenis one-group pretest-posttest design yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Pembuatan proyek dilaksanakan selama tenggang waktu pertemuan pertama, pertemuan kedua, dan pertemuan ketiga. populasi penelitian ini seluruh siswa SD Negeri 1 Harjowinangun tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah siswa kelas V. Data penelitian diperoleh melalui melalui tes tertulis, observasi,dan angket. Analisis data menggunakan uji hipotesis t-test dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kreativitas siswa yang meliputi: kelancaran,keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh adanya perbedaan yang signifikan nilai kreativitas sebelum dan sesudah pembelajaran, uji t terhadap nilai kreativitas menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (6,881 > 2,056). Selain itu, ditunjukan pada uji gain untuk tes tertulis sebesar 0,58 dengan kriteria peningkatannya adalah sedang. Sedangkan hasil observasi terhadap kreativitas menunjukan adanya peningkatan setiap aspek kreativitas pada setiap pertemuan. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model Project Based Learning dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar.} }