@thesis{thesis, author={Wibowo Tunggul Agung}, title ={LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1860/}, abstract={Penelitian ini di latar belakangi terdapat siswa belum memahami cara belajar yang baik dan benar, siswa belum paham tentang gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya, siswa belum mampu menemukan cara belajar yang sesuai dengan gaya belajar, sukar dalam memahami pelajaran, dan belum mampu memanfaatkan sumber belajar hal tersebut membuat hasil belajar yang kurang, Masalah pokok yang dikaji adalah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Learning Cell Untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Gaya Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pati yang berjumlah 249 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Kesimpulan akhir hasil pretest dan posttest diperoleh perbedaan hasil pretest pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 65,3 dan kelompok kontrol dengan rata-rata 74,6, sedangkan pada hasil posttest pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 92,8 dan kelompok kontrol dengan rata-rata 89,3. Selanjutnya perhitungan Uji-t diperoleh thitung sebesar 10,3 jika thitung > ttabel yakni 10,3 > 2,021 jadi dapat diartikan lebih besar maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik learning cell terhadap gaya belajar siswa. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan gaya belajar. Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Learning Cell, Gaya Belajar.} }