@thesis{thesis, author={Nurfajriani Ulpia}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1881/}, abstract={Dalam kurikulum merdeka, guru dituntut untuk mampu bersikap aktif, kreatif, dan inovatif serta terampil guna menjadi fasilitator penggerak perubahan di sekolah. Pemanfaatan teknologi informasi dapat dituangkan dalam pembuatan inovasi dalam media pembelajaran agar siswa lebih aktif, produktif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat mobile edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu : (analysis, design, development , implementatiton, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Banjarharjo Brebes. Pengolahan data diambil dari validasi media, materi, dan angket pengguna dengan menggunakan skala likert pada penilaiannya serta pelaksanaan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil validasi ahli media sebesar 98,5% dengan kategori ?sangat layak?, hasil validasi ahli materi sebesar 84% dengan kategori ?sangat layak?, hasil angket pengguna tentang kepraktisan media sebesar 90%, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 67,54% pada kelas eksperimen (menggunakan mobile edukasi). Penilaian angket motivasi belajar siswa, dilakukan uji regresi hasil belajar siswa yang menggunakan mobile edukasi terhadap hasil respon angket motivasi belajar siswa. Dari uji regresi tersebut dihasilkan taraf signifikasi 0.000 yang berarti kurang dari 0.05 atau dapat disimpulkan bahwa dari hasil belajar siswa yang menggunakan mobile edukasi pada mata pelajaran Bahasa jawa berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Kata kunci : mobile edukasi, model pengembangan ADDIE, Bahasa Jawa} }