@thesis{thesis, author={WIDAYATI PUTRI ARUM}, title ={PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “PEER TEACHING” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS II SDN DUKUTALIT 01 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1895/}, abstract={PUTRI ARUM WIDAYATI NPM 20126004 ?Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDN Dukutalit 01 Kabupaten Pati? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.. Dosen pembimbing I Ervina Eka S.,S.Si.,M.Pd. dan dosen pembimbing II Henry Januar Saputra,S.Pd.,M.Pd.. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa kelas II SDN Dukutalit 01 dalam pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan ini oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah metode pembelajaran yang digunakan cenderung berpusat pada guru. Siswa hanya mendengarkan dan sesekali mencatat keadaan tersebut membuat siswa pasif dan tak jarang siswa berbicara sendiri dengan teman sebangkunya. Alhasil siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan guru merasa kewalahan dalam mengondisikan siswa yang susah diatur. Maka diperlukan metode pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan keaktifan siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini : 1) Solusi untuk guru yang merasa kewalahan dalam mengondisikan siswa kelas II, 2) kurangnya keaktifan siswa kelas II, 3) Penerapan Metode Peer Teaching di kelas II, 4) pemahaman siswa setelah diterapkan Peer Teaching, 5) kekurangan dan kelebihan metode Peer Teaching. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Peer Teaching untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN Dukutalit 01 dalam pembelajaran tematik. Penelitian yang dibuat merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi , wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas II SDN Dukutalit 01. Penulis berperan sebagai pengamat dan pewawancara untuk menggali informasi dan data dari siswa dan guru kelas II SDN Dukutalit 01. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengubah metode pembelajaran yang awalnya cenderung berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa, metode pembelajaran tersebut adalah metode pembelajaran Peer Teaching . penerapan metode Peer Teaching adalah dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, dalam kelompok tersebut ada siswa yang berperan sebagai guru (tutor) dan ada siswa yang berperan sebagai murid. Siswa yang sebagai guru mengajari siswa yang berperan sebagai murid. Siswa sangat antusias dengan peran tersebut dan hasil pengamatan 5 dari 7 kelompok tutor menunjukkan hasil yang baik dalam proses belajar tutor sebaya. Kata kunci : Peer Teaching, Keaktifan} }