@thesis{thesis, author={Lailiyah Putri}, title ={PROFIL KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1899/}, abstract={Kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah kontekstual matematika cukup rendah, salah satu penyebabnya adalah perbedaan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah kontekstual matematika ditinjau dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 34 Semarang tahun 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII G terdiri dari 1 siswa gaya belajar visual, 1 siswa gaya belajar auditorial, dan 1 siswa gaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan metakognisi, dan wawancara. Sedangkan triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1 siswa dengan gaya visual mampu menguasai 1 dari 3 indikator metakognisi dan cenderung memiliki kemampuan metakognisi sengan kategori rendah. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu menguasai 3 dari 3 indikator kemampuan metakognisi dan cenderung memiliki kemampuan metakognisi dengan kategori tinggi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 2 dari 3 indikator kemampuan metakognisi dan cenderung memiliki kemampuan metakognisi dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah kontekstual matematika dengan subjek gaya belajar auditorial dan kinestetik lebih tinggi dari pada subjek gaya belajar visual. Kata Kunci: Kemampuan Metakognisi, Masalah Kontekstual, Gaya belajar.} }