@thesis{thesis, author={Umilah Umilah}, title ={MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI KELOMPOK BERMAIN CAHAYA INSANI KALIURANG MAGELANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1900/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal eksplorasi lingkungan masih banyak masalah. Anak belum dapat mengenal sains sebagai peningkatan sikap ilmiah. Anak juga belum diajarkan bahwa lingkungan bisa menjadi sumber pembelajaran. Pembelajaran dengan Eksplorasi adalah Pembelajaran yang melibatkan anak dan lingkungan secara langsung.Maka dari itu anak usia dini harus dilatih perkembanganya melalui eksplorasi lingkungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sikap ilmiah anak usia dini melalui pendekatan eksplorasi lingkungan untuk mengembangkan sikap ilmiah anak usia dini di Kelompok Bermain Cahaya Insani Kaliurang Srumbung Magelang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan Sikap Ilmiah anak melalui pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar di Kelompok Bermain Cahaya Insani Kaliurang Magelang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan sains anak melalui pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar di Kelompok Bermain Cahaya Insani Kaliurang Magelang. Subjek dalam penelitian ini adalah 19 anak dengan rincian 10 anak laki laki dan 9 anak perempuan.. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. PTK yaitu peneliti meneliti di kelas sendiri, hasil penelitian adalah pada prasiklus hanya 6 dari 19 anak yang pengetahuan, sains sederhana berkembang sesuai harapan, setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus 1 meningkat menjadi 9 dari 19 anak. Perbaikan pada siklus 2 meningkat menjadi 12 dari 19 dari anak berkembang sesuai harapan, dan pada siklus II Pertemuan ke 2 meningkat menjadi 17 dari 19 anak yang pengetahuannya sains sederhananya berkembang sesuai harapan. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan eksplorasi lingkungan dapat meningkatkan sains sederhana anak. Kata kunci: Sikap Ilmiah dan Pendekatan Eksplorasi Lingkungan} }