@thesis{thesis, author={Nada Qotrun}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PjBL STEAM BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1907/}, abstract={Rendahnya kemampuan berpikir kritis di Indonesia mendorong perkembangan pembelajaran sebagaimana merancang strategi pembelajaran dimana mampu meningkatkan kecakapan berpikir siswa. Maksud penelitian ini untuk melihat keefektifan pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis STEAM berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian memakai Quasi Experimental. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII SMP Institut Indonesia Semarang sebanyak 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengambilan data penelitian melalui tes tertulis (pre test dan post test), lembar aktivitas siswa, dan lembar observasi siswa. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis dianalisis bersandarkan indikator FRISCO menurut Ennis (1993). Hasil peneltian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL STEAM berbantuan Geogebra efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dilihat melalui perbedaan nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan model pembelajaran PjBL STEAM berbantuan Geogebra mencapai nilai KKM, dan terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya strategi pembelajaran PjBL STEAM penting diterapkan dalam proses belajar mengajar karena pembelajaran PjBL STEAM memiliki dampak manfaat, diantaranya mengajarkan anak berpikir kritis, membantu menghilangkan penghambat ide-ide, fokus terhadap proses yang mengarah pada inovasi. Kata Kunci: Berpikir kritis; FRISCO; Geogebra; PjBL, STEAM} }