@thesis{thesis, author={ZULFA QOTRUNNADA}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V DI SDN 2 BLINGOH DONOROJO JEPARA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1909/}, abstract={QOTRUNNADA ZULFA. NPM 19120163. ?Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Pecahan Kelas V di SDN 2 Blingoh Donorojo Jepara?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam literasi matematika pada penyelesaian soal cerita materi pecahan, seperti siswa yang masih bingung konsep literasi matematika, konsep pecahan, terdapat siswa yang belum mahir menghitung menbagian/perkalian dan siswa belu memahami soal cerita materi pecahan. Fokus dalam penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematika. Dengan pertanyaan bagaimanakah kemampuan literasi matematika pada penyelesaian soal cerita materi pecahan kelas V di SDN 2 Blingoh Donorojo Jepara? Tujuan dari penelitian ini yaitu yaitu menganalisis kemampuan literasi matematika pada penyelesaian soal cerita materi pecahan siswa kelas V SDN 2 Blingoh Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 8 siswa. Pada penelitian ini data diperoleh dari hasil tes siswa, wawancara guru, wawancara siswa, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukkan dari 8 siswa yang diteliti, kemampuan literasi matematika pada materi pecahan siswa kelas V SDN 2 Blingoh dalam kriteria sedang yaitu sebesar 72 persen. Kemampuan siswa pada setiap indikator literasi matematis meliputi: (1) Kemampuan memformulasikan masalah secara matematis yaitu sebesar 77 persen; (2) Kemampuan menggunakan fakta, konsep, prosedur, dan penalaran matematika yaitu sebesar 56 persen; (3) Kemampuan menginterpretasikan, menyimpulkan, dan merefleksi hasil matematika yaitu sebesar 48 persen. Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang dapat diberikan yaitu Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, sebaiknya guru sering melatih siswa untuk mengerjakan soal-soal yang mengarah pada kemampuan literasi matematika dan meningkatkan level soal matematika yang akan diberikan kepada siswa, seperti memberikan soal berbasis pemecahan masalah (soal cerita) yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari.} }