@thesis{thesis, author={LESTARI UWUH DWI}, title ={PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS FLIPBOOK PADA KELAS V TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 DI SDN 2 CINGKRONG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1917/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dan kurangnya sumber belajar yang inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pengembangan bahan ajar flipbook, (2) Tingkat kevalidan bahan ajar flipbook , (3) Bagaimana respon guru dan peserta didik kelas V di SDN 2 Cingkrong. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar flipbook di kelas V, (2) Untuk mengetahui kevalidan bahan ajar flipbook di kelas V, (3) Untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar flipbook di kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur oenelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah dasar penelitian (R&D) yang dikemukakan oleh (Borg and Gall dalam buku Sugiyono 2015:297) yang terdiri dari 10 langkah : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4)Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi produk, (8) Uji Coba Produk, (9) Revisi produk, dan (10) Produk masal. Namun pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian hanya sampai tahap uji coba lapangan awal. Sampel yang diambil yaitu 16 peserta didik kelas V di SD N 2 Cingkrong. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumetasi, angket validasi ahli media dan materi serta angket respon gur dan peserta didik. Hasil validasi yang dilakukan dengan ahli media mendapatkan skor penilaian sebesar 95% dengan kategori sangat valid dan mendapat skor penilaian dari ahli materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada hasil9 uji coba lapangan mendapatkan hasil presentase dari peserta didik sebesar 96,87% dengan kategori sangat layak dan mendapat skor presentase dari guru sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Kesimpulannya bahwa media bahan ajar ini valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 4 di kelas V SD N 2 Cingkrong. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan yang dapat disampaiakan adalah media bahan ajar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata Kunci: Pengembangan, Flipbook , Pembelajaran Tematik} }