@thesis{thesis, author={AYUNINGTYAS VIKAHARISTA}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE RAJA UNTUK KETERAMPILAN MENULIS “KATA” AKSARA JAWA SISWA SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1920/}, abstract={Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah Kurangnya media pembelajaran yang dignakan pada proes pembelajaran, kurangnya fasilitas yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran agar dapat menunjang hasil belajar peserta didik di sekolah. Tidak hanya itu, kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran bahasa jawa, khususnya pada materi aksara jawa, serta perlunya inovasi media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami aksara jawa tanpa merasakan bosan saat proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Puzzle Raja untuk keterampilan menulis aksara jawa siswa sekolah dasar?, 2) apakah pengembangan media Puzzle Raja layak diterapkan untuk mengembangkan keterampilan menulis aksara jawa siswa sekolah dasar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Puzzle Raja untuk keterampilan menulis aksara jawa siswa sekolah dasar, 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Puzzle Raja untuk keterampilann menulis aksara jawa siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan berdasarkan langkah-langkah penelitian menurut Borg and Gall. Penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas IV SDN Tombo 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 35 siswa dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Berdasarkan presentase validasi ahli media I dengan hasil sebesar 98%, validasi ahli media II dengan hasil sebesar 90,4%, validasi ahli materi I dengan hasil sebesar 97,7%, validasi ahli materi II dengan hasil sebesar 93,1%, analisis presentase respon peserta didik sebesar 94,3%, dan analisis presentase respon guru kelas IV sebesar 87,5%. Media pembelajaran aksara jawa berupa Puzzle Raja (puzzle aksara jawa) memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi, membuat penyampaian materi lebih terkesan menarik serta menyenangkan dan membantu pengkondisian kelas pada saat proses pembelajran berlangsung. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Sanjaya (2013: 132) bahwa pembelajaran berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Puzzle Raja yang dikembangkan pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, kemudian media pembelajaran Puzzle Raja layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa jawa pada materi menulis kata aksara jawa. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya pemahaman serta semangat peserta didik dalam pembelajaran bahasa jawa, pada materi aksara jawa. Saran yang dapat disampaikan adalah agar media Puzzle Raja dapat digunakan dan diterapkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran .} }