@thesis{thesis, author={Faristin Vivin Anis}, title ={FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JUWANA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1928/}, abstract={Vivin Anis Faristin. NPM 19110016. ?FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JUWANA?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons. dan Pembimbing II Dr. Venty, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan saat ini. Rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa seperti sering menunda-nunda mengerjakan tugas, kurang memperhatikan penjelasan guru dan kurang aktif di kelas, hal tersebut membuat siswa menjadi sulit mencapai prestasi. Kemudian kurang adanya harapan dan cita-cita masa depan menjadi faktor siswa kurang tekun dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar selama proses pembelajaran pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Juwana. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi dimana penelitian ini mendeskripsikan pemaknaan pengalaman hidup dari sejumlah individu yang menjadi subjek penelitian terkait dengan konsep dan fenomena. Tujuan fenomenologi untuk memahami fenomena dari perspektif individu yang mengalaminya dalam situasi tertentu secara umum. Pengambilan data yang digunakan adalah pedoman observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah didapat dianalisis melalui tahapan empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah itu disajikan dalam bentuk pendeskripsian dalam bentuk kalimat mengenai penemuan makna dari setiap fenomena. Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ada dua jenis yaitu: faktor internal terdiri dari hasrat keinginan berhasil, dorongan kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita dan faktor eksternal terdiri dari penghargaan, kegiatan belajar menarik, lingkungan belajar yang kondusif. Saran yang dapat disampaikan diharapkan siswa mampu meningkatkan motivasi belajar, karena tidak dapat dipungkiri bahwa pentingnya memiliki motivasi tinggi mudah memperoleh prestasi. Selain itu juga sebaiknya ada kerjasama yang baik antara keluarga dan sekolahan untuk membantu meningkatkan motivasi belajar dalam diri siswa. Kata Kunci: Motivasi Belajar} }