@thesis{thesis, author={Khoirunnisa Wardha}, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI KBIT ULUL ALBAAB WELERI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1938/}, abstract={WARDA KHOIRUNNISA, NPM 20156070: Meningkatkan kemampuan empati anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan di KBIT Ulul Albaab Weleri. Skripsi Program Study Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023. Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya rasa empati anak terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Peneliti ingin mengembangkan kemampuan empati anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan empati anak terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya melalui metode bercerita dengan boneka tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan empati anak. . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi KB B kelas Husain bin Ali KBIT Ulul Albaab Weleri. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif terhadap hasil observasi dan teknik analisis kualitatif terhadap hasil perkembangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan empati anak pada KB B kelas Husain bin Ali di KBIT Ulul Albaab Weleri. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan hasil perkembangan anak dari kondisi awal, siklus I dan di siklus II. Hasil perkembangan anak pada kondisi awal yang mendapat kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 1 anak yang diprosentasekan menjadi 5%, pada siklus I sebanyak 5 anak yang diprosentasekan menjadi 25% dan pada siklus II naik menjadi 16 anak yang diprosentasekan menjadi 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan empati anak pada KB B Kelas Husain bin Ali KBIT Ulul Albaab Weleri.} }