@thesis{thesis, author={Octina Wibi Deta}, title ={PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOUND DALAM MENANAMKAN KARAKTER JUJUR KELAS III SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1940/}, abstract={WIBI DETA OCTINA. NPM 19120121. ?Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound Dalam Menanamkan Karakter Jujur Kelas III Sekolah Dasar?, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum terlaksananya model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter jujur secara maksimal dan kurangnya kejujuran antara siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Bagaimanakah pengembangan model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter jujur dalam diri siswa SD Supriyadi Semarang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah ?Untuk mengembangkan model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter jujur dalam diri siswa SD Supriyadi Semarang?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). pengembangan model permainan berbasis outbound berbentuk permainan hanya sampai pada tahap kelima yaitu merevisi hasil uji coba (main product revision). Penelitian dan pengembangan model dilaksanakan di kelas III SD Supriyadi Semarang. Hasil dari evaluasi yang sudah didapat dari siswa berupa skala Guttman bentuk ?Ya? atau ?Tidak? menyatakan bahwa model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter jujur sudah layak digunakan untuk menjawab kebutuhan siswa dan model permainan berbasis outbound sudah bisa digunakan sebagai pendamping buku pedoman untuk siswa dan guru. Hasil penelitian diperoleh dari validasi model dan materi. Hasil dari ahli model menunjukkan persentase 91% sedangkan hasil ahli materi menunjukan persentase 94%. Hasil analisis respon guru menunjukkan persentase (96,15%) dan hasil analisis respon siswa dari kelas III menunjukan persentase (92%) sedangkan hasil analisis lembar observer menunjukkan persentase (95%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter jujur dalam bentuk permainan outbound yang dikembangkan termasuk dalam kategori ?Sangat Layak? dalam pembelajaran kelas III. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah , model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter jujur berbentuk permainan kelas III dapat digunakan sebagai salah satu alternative model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar.} }