@thesis{thesis, author={Setiawan Widy Nova}, title ={ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL BAHASA INDONESIA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1943/}, abstract={Widy Nova Setiawan. NPM 16120188. ?Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Rofian, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II Mudzanatun, S.Pd., M.Pd., Agustus, 2023. Kemampuan berpikir siswa Indonesia masih didominasi pada low order thingking (LOT), artinya proses pembelajaran yang selama ini dilakukan belum mampu menggali kemampuan berpikir tingkat tinggi meliputi memberikan alasan dengan informasi yang lengkap, mengelola informasi, membuat generalisasi, dan menyajikan data.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas IV SD Negeri Ngroto dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas IV SD Negeri Ngroto dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas IV SD Negeri Ngroto Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Analisis data dilakukan dengan indikator soal berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang terdiri atas level analisis, evaluasi, dan mencipta. Hasil penelitian menunjukkan dari 5 soal pilihan ganda yang diujikan, Kemampuan siswa kelas IV SD Negeri Ngroto Kec. Reban Kab. Batang dalam menyelesaikan soal bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan persentase ketercapaian siswa 41,37%. Kemampuan dalam menyelesaikan soal bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) hanya berjumlah 10 siswa yang dapat diduga pembelajaran literasi bahasa Indonesiadi kelas IV SD Negeri Ngroto Kec. Reban Kab. Batang belum terpenuhi karena dari seluruh siswa yang berjumlah 27 hanya 10 siswa saja yang mampu dalam menyelesaikan soal bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jadi, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa dalam berpikir tingkat tinggi masih rendah. Guru hendaknya meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS dengan memperbaharui metode pembelajaran dan melatih siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Soal bahasa Indonesia} }