@thesis{thesis, author={Kusumawati Widya}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1947/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Weleri. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui dua tahap yaitu analisis data awal dan analisis data akhir. Pada analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Sedangkan pada analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar, uji regresi linear sederhana, dan uji rata-rata dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D mencapai KKM, 2) terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D, dan 3) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model Problem Based Learning. Kata Kunci: efektivitas; Problem Based Learning; open-ended; cabri 3D; kemampuan pemahaman konsep matematis.} }