@thesis{thesis, author={Sera Wilma Alfa}, title ={ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1958/}, abstract={Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika adalah rendahnya minat belajar serta kemampuan siswa untuk menerapkan konsep matematika yang telah diperoleh di sekolah kedalam permasalahan sehari-hari yang berpengaruh pada rendahnya literasi matematika siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada praktek mengajar pada bulan Agustus 2022 di SMPN 3 Kendal, dapat diamati pokok permasalahan yaitu kurangnya literasi matematika ditinjau dari minat belajar siswa SMP kelas VIII. Untuk indikator literasi matematika meliputi merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis literasi matematika siswa ditinjau dari minat belajar siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini diambil tiga siswa kelas VIII D SMPN 3 Kendal sebagai subjek penelitian. Subjek ditentukan dengan pembagian angket minat belajar siswa dengan kategori masing-masing satu subjek dengan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian masing-masing subjek dianalisis literasi matematika menggunakan tes tertulis literasi matematika berupa tiga soal uraian dengan materi bangun ruang sisi datar. Pada penelitian ini, metode analisis data yang digunakan yaitu triangulasi teknik, diperoleh hasil bahwa: (1) Siswa dengan minat belajar tinggi dapat memenuhi semua indikator literasi matematika. (2) Siswa dengan minat belajar sedang hanya mampu memenuhi satu indikator literasi matematika yaitu merumuskan masalah. (3) Siswa dengan minat belajar rendah tidak memenuhi semua indikator literasi matematika. Kata Kunci: Analisis, Bangun Ruang, Literasi Matematika, Minat Belajar.} }