@thesis{thesis, author={Indriyani Windi}, title ={PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGARAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1959/}, abstract={WINDI INDRIYANI 1990200. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran ?. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd.,M.Pd. Kons. Dosen Pembimbing II Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekarang, khususnya di SMA Negeri 2 Ungaran peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa terdapat siswa yang melakukan pelanggaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 2 Ungaran. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden penelitian ini adalah 3 guru BK dan 3 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Ungaran. Data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 2 Ungaran dengan memberikan layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individu dengan indikator-indikator peran guru BK seperti, informator, director, inisiator, evaluator, mediator, fasilitator. Kesimpulan dari peran guru BK adalah peran guru BK di SMA Negeri 2 berada pada kategori baik. Ditunjukan adanya keberhasilan dalam pemberian layanan. Kata Kunci: Peran, Karakter Disiplin} }