@thesis{thesis, author={Wismawati Wismawati}, title ={KEEFEKTIFAN MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA KELAS IV SDN SAMBIREJO 01 PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1963/}, abstract={WISMAWATI. NPM 16120024. ?Keefektifan Model Concept Sentence Berbantu Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Kelas IV SDN Sambirejo 01 Pati. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum dan Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd. Agustus 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan sederhana siswa. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang mampu mengembangkan ide atau gagasan pikiran dalam bentuk tulisan serta penggunaan ejaan yang belum tepat, kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru karena guru mengajar menggunakan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran yang jarang digunakan terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia sehingga siswa kurang aktif. Perumusan masalahan dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana keefektifan model concept sentence berbantu media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV SDN Sambirejo 01 Pati?? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan membuktikan bahwa model concept sentence berbantu media gambar seri efektif terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV SDN Sambirejo 01 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre eksperimen design dengan jenis one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitin ini adalah siswa kelas IV SDN Sambirejo 01 Pati sebanyak 10 siswa dan keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel. Pendekatan yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data-data yang diperoleh dari hasil tes tertulis, observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji normalitas awal pada nilai pretest, uji normalitas akhir pada nilai posttest, dan uji t. Hasil akhir keterampilan menulis karangan sederhana narasi yang diperoleh siswa menunjukkan nilai rata-rata 82,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dalam keterampilan menulis siswa dibanding hasil sebelumnya dengan nilai rata-rata 52, serta berdasarkan hasil uji t diketahui thitung > ttabel yaitu 20,904 > 2,093. Kesimpulannya bahwa model concept sentence berbantu media gambar seri efektif terhadap keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Sambirejo 01 Pati, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t keterampilan menulis diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,904 > 2,093 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model concept sentence berbantu media gambar seri efektif terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV SDN Sambirejo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan peneliti adalah supaya model pembelajaran concept sentence berbantu media gambar seri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.} }