@thesis{thesis, author={PUTRA ADITYA PERMANA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET SMA NEGERI 1 PEGANDON}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1970/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah 1) Teknik dasar dribble bola basket siswa kurang baik. 2) Kurangnya kerjasama antar siswa ketika guru penjas menggunakan model pembelajaran demonstrasi. 3) Model Pembelajaran kooperati tipe student teams achievement division (STAD) dengan jigsaw dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. 4) Berdasarkan hasil Observasi disekolah menunjukan bahwa materi dribble bola basket masih dibawah KKM. Tujuan yang hendak dicapai adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran student teams achievement division dan jigsaw terhadap hasil belajar dribble bola basket siswa SMA Negeri 1 Pegandon Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi exsperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 72 siswa kelas XI.5 dan XI.6, data dalam penelitian ini diperolah melalui pretest,treatmeant,dan posttest. Hasil analisis data menunjukan nilai sig. (2-tailed) hasil belajar kognitif sebesar 0,661> 0,005, hasil belajar afektif sebesar 0,414 > 0,05, hasil belajar psikomotorik sebesar 0,09 > 0,05 yang artinya ada pengaruh dari perbedaan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar dribble bola basket siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dan jigsaw berpengaruh dan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon melalui percobaan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dan jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran, STAD, Jigsaw, PJOK, Dribble, Bola Basket} }