@thesis{thesis, author={Susanti Yan}, title ={ANALISIS KESIAPAN KERJA SISWA DI SMKN 1 PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1973/}, abstract={Yan Susanti ?Kesiapan Kerja Siswa di SMK N 1 Pati?. Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh presentase keterserapan lulusan SMK N 1 Pati waktu tunggu kesempatan kerja atau masa menganggur terlalu singkat kurang lebih 3 bulan setelah kelulusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi keahlian guru produktif, implementasi program kerja industri atau prakerin, peran bursa kerja khusus (BKK), serta upaya peserta didik dalam meningkatkan kesiapan kerja. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman: collection data, drawing/verification. condensation data, display data, dan conclution Hasil penelitian antara lain: guru meningkatkan kompetensi guru produktif melalui pelatihan dan diklat serta melakukan sertifikasi LSP P1; guru bersinergi dengan sekolah, PKL, dan BKK untuk menumbuhkan kesiapan kerja peserta didik; guru meningkatkan kreatifitas dan inovatif dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik; guru melatih kemampuan peserta didik dalam melakukan wirausaha, basic mentality, training capacity dan beautyclass sebagai penguatan kompetensi peserta didik; Bekerjasama dengan DUDI sesuai dengan keahlian BDP; pembina PKL melaksanakan program kerja lapangan melalui PKL untuk menumbuhkan sikap kebekerjaan pada peserta didik; pembina PKL melakukan pembekalan-pembekalan mengenai PKL; pembina PKL mengenalkan dan menerjunkan secara langsung dunia kerja melalui program PKL kepada peserta didik; BKK memperkenalkan dan melakukan kekerjasama dengan DUDI sesuai dengan keahlian BDP; BKK memberikan pelatihan dan pembekalan kepada peserta didik tentang bagaimana membuat surat lamaran pekerjaan, bagaimana menghadapi HRD, tatacara wawancara, dan lain-lain guna membentuk softskill pada peserta didik; BKK memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan kepada peserta didik;peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik dan menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif melalui materi maupun praktik; peserta didik menumbuhkan sikap berwirausaha sebagai bekal kesiapan kerja; peserta didik mengikuti pelatihan pelatihan yang diajarkan oleh guru guna mempersiapkan kesiapan kerja peserta didik; peserta didik mengikuti program kerja lapangan dengan baik sesuai aturan yang berlaku; peserta didik mengikuti pembekalan DU/DI dari BKK untuk menumbuhkan softskill. Kata kunci: Kesiapan kerja, Peserta didik} }