@thesis{thesis, author={Erliana Ahsana Amala}, title ={EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MENULIS EKSPRESIF UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR (BURNOUT) PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 BRINGIN, KABUPATEN SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2000/}, abstract={Penelitian Efektivitas Konseling Kelompok dengan teknik menulis ekpresif untuk mereduksi kejenuhan belajar peserta didik SMP Negeri 2 Bringin Kabupaten Semarang di latar belakangi oleh tingginya tingkat kejenuhan belajar pada pserta didik, hal ini dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 2 Bringin Kabupaten Semarang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Menulis Ekpresif untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar (Burnout) pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Bringin Kabupaten Semarang. Jenis Penelitian in merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Efektivitas. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IXC dan IXD di SMP Negeri 2 Bringin dengan jumlah 61 peserta didik, kelas yang diberikan pre-test yaitu IX D, yang kemudian diambil tujuh peserta didik untuk diuji coba. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini yaitu teknik random sampling yang diperoleh dari angket kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif efektiv terhadap penurunan kejenuhan belajar (burnout) pada peserta didik, hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed) 0,003<0,05. Serta dengan adanya perbedaan skor rata-rata angket kejenuhan belajar 28,003% dari hasil pretest dan posttest. Hal ini membuktikan bahwa konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif dapat untuk mengurangi kejenuhan belajar (burnout) pada peserta didik. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Menulis Ekspresif, Kejenuhan Belajar (Burnout)} }