@thesis{thesis, author={KUSMITA AIDA FITRIANNISA}, title ={KEMAMPUAN SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 PADANG KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2002/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa masih belum dapat membedakan masalah bangun ruang dan menyelesaikan masalah soal cerita matematika yang berhubungan dengan bangun ruang, siswa kesulitan dalam menerapkan rumus, memahami permasalahan yang terdapat dalam suatu soal matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kesulitan belajar siswa?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau kesulitan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil data sesuai fakta dilapangan. Data diperoleh dari dari tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diuraikan dalam bentuk kata-kata. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 2 Padang. Sampel yang diambil adalah siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam berhitung, kesulitan menerapkan rumus, dan kesulitan menerapkan simbol. Kemudian kemampuan spasial siswa yang mengalami kesulitan dalam berhitung. Siswa yang kesulitan dalam berhitung siswa memenuhi indicator spasial perception, mental rotation, dan spatial relation. Siswa belum mampu memenuhi indicator kemampuan spasial vizualitation, dan spatial orientation. Siswa yang mengalami kesulitan dalam menerapkan rumus siswa sudah memenuhi indicator spasial perception, mental rotation, vizualitation. siswa belum memenuhi indicator kemampuan spasial relation, dan spasial orientation. Siswa yang mengalami kesulitan menerapkan symbol mampu memenuhi indicator spasial relation dan spasial orientation. Siswa belum mampu memenuhi indicator spasial perception, mental rotation, dan vizualitation. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar guru dapat menggunakan metode yang lebih bervariatif untuk mengurangi tingkat kesulitan belajar siswa dan dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa} }