@thesis{thesis, author={Maulidyanti Yunia Dwi}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO VLOG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 GUBUG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2009/}, abstract={Yunia Dwi Maulidyanti 19210007 ?Pengaruh Penggunaan Media Vlog untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa ?Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023? Latar belakang penelitian ini adalah kreativitas siswa yang masih tergolong rendah tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Video Vlog terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 3 Gubug. Semakin luasnya kemajuan di bidang teknologi, maka pendidik dituntut untuk mengembangkan berbagai macam media pembelajaran, salah satunya adalah perkembangan teknologi modern saat ini yaitu dengan memanfaatkan media Video vlog . Jadi, pendidik bisa memutarkan video youtube di lcd untuk memberikan refrensi di depan kelas dan menyampaikan materi mata pelajaran PPKn supaya peserta didik bisa memahami materi dan bisa meningkatkan kreativitas peserta didik karena mereka bisa langsung menirukan ataupun menyimak langsung tentang materi tersebut, sehingga peserta didik bisa langsung mempraktekkan materi pembelajaran agar cepat bisa. Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa adalah factor internal individu dan factor eksternal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif, dengan metode Pre- Exsperimental Design. Populasi penelitian berjumlah 90 seluruh siswa kelas VIII sempel sejumlah 28 yaitu siswa VIII A. Variabel bebas (X) berupa penggunaan media pembelajaran video vlog dan variabel terikat (Y) kreativitas siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket ,tes, dokumentasi. Uji instrumen berupa uji validitas dan uji reabilitas.Teknik analisis data menggnakan uji normalitas, uji t-tes. Hasil penelitian hasil dari pengaruh variabel video vlog terhadap kreativitas belajar, dimana nilai koefisien regresi dari variabel vido vlog sebesar 0,450 dan thitung sebesar 4,722 lebih besar dari nilai ttable sebesar 1,987 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari niliai probabilitasnya yaitu sebesar 0,05 pada taraf signifikan sebesa 0,00<0,05. Hal ini dapat mengidentifikasi adanya pengaruh yang bersifat positif dan signifikan antara hasil perhitungan variabel video vlog dan kreativitas belajar siswa, jadi semakin sering media pembelajaran video vlog digunakan, maka kreativitas belajar siswa juga akan meningkat secara positif. Berdasarkan analisis data pembahasan hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran video vlog untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMP N 3 Gubug dapat disimpulkan bahwa, kreativitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video vlog pada kelas VIII A mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat pada perbandingan dengan nilai dari observasi awal terhadap kreativitas dengan hasil observasi akhirdari kreativitas yang memperoleh hasil rata-rata kreativitas awal. Selain itu berdasarakan uji t diperoleh hasil signifikan lebih kecil dibandingkan 0,05. Hal ini kreativitas siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kata Kunci: Media Video Vlog, Kreativitas Belajar dan Siswa SMP N 3 Gubug.} }