@thesis{thesis, author={Ihsan Yuniar Mafhum}, title ={IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN WINDUAJI 08 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2014/}, abstract={YUNIAR MAFHUM IHSAN. NPM 19120414. ?Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Media Wordwall terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Winduaji 08 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023 Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran dan siswa yang masih kesulitan dalam memecahkan masalah dalam soal non-routine pada pembelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagimanakah Implementasi Kurikulum Merdeka melalui media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi bangun datar kelas IV SDN Winduaji 08 Kabupaten Brebes? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka melalui media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi bangun datar kelas IV SDN Winduaji 08 Kabupaten Brebes. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Setting penelitian dilakukan di SDN Winduaji 08 Brebes. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka melalui media wordwall pada materi bangun datar kelas IV terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh rata ? rata sebesar 62,32% (kategori sedang). Hasil ini didukung dengan angket Implementasi Kurikulum Merdeka melalui media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 92,73% (kategori sangat baik). Sedangkan dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui media wordwall menjadi lebih menarik, memudahkan dalam mengingat materi, dan pembelajaran tidak membosankan. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah Implementasi Kurikulum Merdeka melalui media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar matematika.} }