@thesis{thesis, author={Sari Zuli Ernita}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas V SD Negeri Berahan Wetan Kabupaten Demak}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2032/}, abstract={ZULI ERNITA SARI. NPM 18120158. ?Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpiki Kritis Matematis Pada Siswa Kelas V SD Negeri Berahan Wetan Kabupaten Demak?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.Universitas PGRI Semarang 2023. Pembimbing I Ervina Eka S, S.Si., M.Pd. Pembimbing II Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd. Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya kesan bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas masih didominasi oleh guru atau mengunakan pembelajaran konvensional. Dalam proses pembelajaran siswa tidak diberikan akses untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya. Selain itu, soal-soal yang diberikan kepada siswa dalam pembelajaran berupa soal-soal rutin memiliki tipe yang sama dengan contoh. Selanjutnya saat dilakukan tes kemampuan berpikir kritis matematis pada tes tersebut, siswa diberi soal dan penyelesaian masalah kemudian siswa diminta untuk mengevaluasi kesalahan dan memperbaiki kesalahan dari penyelesaian soal tersebut. Rata-rata nilai tersebut 69,00. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan kemampuan berpikir kritis matematis belum maksimal. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas V SD Negeri Berahan Wetan Kabupaten Demak. Jenis Penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Berahan Wetan Kabupaten Demak sebanyak 26 siswa. Metode yang digunakan adalah True-Experimental Design. sampel yang diambil sebanyak 26 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunkan teknik pengambilan sampel random sampling. Hasil analisis dengan menggunakan t-test. Penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, menunjukan adanya pengaruh pada siswa kelas V SD Negeri Berahan Wetan Kabupaten Demak. Dari hasil perhitungan yang diperoleh > yaitu 32,67531>2,16, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan model problem based learning berbantu media interaktif lebih besar dari rata-rata sebelum menggunakan model problem based learning berbantu media pembelajaran interaktif. Kata Kunci: Model Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah ; Berpikir Kritis ; Matematika.} }