@thesis{thesis, author={NAJIB ANGGA AHMAD SYAICHUN}, title ={ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI BABAD 1 PADA MASA PANDEMI COVID-19}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2034/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak siswa yang belum dapat mencerminkan dan mengimplementasikan nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik. Hal tersebut disebabkan kurangnya strategi guru dalam penerapan penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik SD Negeri Babad 1 pada Masa Pandemi Covid-19?, 2) Bagaimana dampak strategi yang diterapkan guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik SD Negeri Babad 1 pada Masa Pandemi Covid-19?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Strategi guru dan dampak strategi guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik SD Negeri Babad 1 pada Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas 1?kelas 6. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Guru memiliki strategi-strategi tersendiri dalam penerapan penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik mulai melakukan pembiasaan pagi, mengkaitkan model dan pendekatan pembelajaran, membentuk kelompok kecil, dan memberikan kesempatan kepada siswa. 2) strategi-strategi yang diberikan oleh guru berdampak baik bagi karakter siswa. siswa menjadi lebih religius, lebih aktif, disiplin, kompak, percaya diri, dan lebih sopan santun. Serta memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti menyampaikan saran kepada guru untuk tetap konsisten dalam menerapkan strategi-strategi pembentukan karakter yang sudah diterapkan, selain itu juga diharapkan dapat mengembangkan strategi pembentukan karakter lebih baik lagi.} }