@thesis{thesis, author={Arifah Anna Zumrotul}, title ={UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN PADA ANAK KELOMPOK B2 MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DAKON DI TK AL FITROH KELURAHAN CANDI KECAMATAN CANDISARI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2042/}, abstract={Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyataan bahwa masih banyak anak yang memiliki kemampuan disiplin rendah. Menanamkan disiplin bagi anak usia dini mampu memberikan rasa aman kepada anak, memberikan rasa percaya diri, membuat anak menjadi mandiri, memudahkan anak untuk diterima di lingkungannya, dan mampu menjauhkan anak dari hal-hal yang mampu membahayakan anak. Salah satu permainan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu dengan permainan tradisional seperti permainan congklak atau dakon. Congklak atau dakon merupakan permainan tradisional di pulau jawa. Diharapkan melalui permainan ini anak dapat belajar sikap disiplin misalnya disiplin dalam berbaris masuk kelas, menyelesaikan tugas dan disiplin dalam berdo?a. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 13 anak kelompok B2 di TK AL FITROH Kelurahan Candi Keccamatan Candisari Kota Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil penelitian melalui observasi dimana kondisi awal disiplin anak hanya 1 anak (8%) dengan perilaku disiplin baik dan 7 anak atau 54 % dengan perilaku disiplin cukup, sedangkan 5 anak atau 38 % dengan disiplin kurang. Karena disiplin anak belum mencapai indikator yang diharapkan maka dilakukan tindakan pada siklus 1 dimana 2 anak (15 %) mimiliki disiplin baik, 7 anak (54 %) memiliki disipin cukup dan disiplin kurang 4 anak (31 %). Pada siklus 1 disipin anak juga belum mencapai indikator yang diharapkan. Karena itu di lakukan tindakan pada siklus 2, dimana pada siklus 2 diperoleh hasil dimana anak dengan disiplin baik meningkat menjadi 5 anak (38%), disiplin cukup 5 anak (38%), sedangkan disiplin kurang 3 anak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas maka dapat disimpulkan bahwa melalui Permainan Tradisional Dakon dapat meningkatkan disiplin anak melalui permainan dakon yang telah mencapai indikator keberhasilan ditandai dari peningkatan nilai, hal ini terlihat adanya kenaikan dari prosentase siklus I ke siklus II yaitu 15 % menjadi 77 %. Berdasarkan hasil peneilitan diatas peneliti menyarankan untuk lebih meningkatkan kemampuan disiplin anak di taman kanak-kanak melalui pembelajaran menggunakan metode permainan tradisional.} }