@thesis{thesis, author={MAHARANI ANTICA KRISNINA}, title ={PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPONEN READING ALOUD DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DI KELAS I SDN 1 PROTOMULYO}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2043/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum diterapkannya pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud, ditunjukkan kurangnya pemahaman siswa tentang membaca nyaring, sehingga banyak siswa ketika disuruh membaca di depan teman- temannya masih malu sehingga volume suaranya tidak nyaring ketika membaca. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan pendekatan whole language komponen reading aloud di kelas I SD Negeri 1 Protomulyo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud pada kelas I SDN 1 Protomulyo dan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang reading aloud. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengolahan dan pengambilan data sesuai dengan fakta lapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, tes praktik dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Protomulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilakukannya 3 kali pertemuan, pertemuan pertama peneliti melaksanakan kegiatan tes praktik membaca nyaring tanpa menerapkan pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud. Dari kegiatan pertemuan pertama masih banyak siswa belum mampu membaca dengan nyaring. Sedangkan pada pertemuan ketiga peneliti melaksanakan tes praktik dengan penerapkan pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud, banyak siswa sudah mengalami peningkatan dalam membaca nyaring. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan menerapkan pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud pada kelas I, maka guru kelas harus meningkatkan perhatiannya pada siswa yang kurang lancar dalam membaca.} }