@thesis{thesis, author={HAKIM ARIF LUKMAN}, title ={ANALISIS HASIL KARYA GAMBAR ANAK USIA SD DI KOMUNITAS HARAPAN KOTA SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2045/}, abstract={Adapun yang melatar belakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara tentang kegiatan sosial yang dilakukan oleh Komunitas Harapan. Pada hal ini, Komunitas Harapan hadir memberikan perbaikan untuk lingkungan sekitar, yakni dengan memberikan berbagai kegiatan positif untuk anak-anak seperti kegiatan pembelajaran. Salah satu kegiatannya adalah kegiaatan menggambar, yang di mana kegiatan tersebut merupakan bentuk kegiatan di bidang seni rupa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses berkreasi gambar anak usia Sekolah Dasar dan mengetahui karya gambar yang dihasilkan anak usia Sekolah Dasar di Komunitas Harapan. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah mencatat, mengumpulkan, dan berfikir. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran menggambar di laksanakan di Gedung Olahraga Serbaguna mulai pukul 15.30-17.30. Kegiatan menggambar ini diikuti oleh 35 anak anak, dengan rician 13 anak TK, 14 anak SD serta 8 anak SMP. Dalam pembelajaran menggambar relawan atau pemateri memberikan materi tentang pengertian karya 2 dimensi, cara menggambar dengan teknik yang baik. Pada prosesnya pemateri memberikan contoh karya gambar. Kemudian anak-anak diberikan kebebasan dalam berkreasi sesuai imajinasi mereka untuk membuat karya gambar sesuai tema yang diberikan. Pada hasil karya gambar anak usia Sekolah Dasar secara keseluruhan gambar sudah cukup realistis yang di mana gambar sudah menyerupai bentuk umum benda. Penggambaran bentuk atau simbol terdapat tekstur dari garis yang secara tidak langsung merupakan wujud ungkapan imajinasi maupun emosional anak. Warna yang tertuang dalam bentuk pada gambar juga sudah sesuai dengan bentuk nyata. Beberapa anak sudah bisa mencampurkan warna atau gradasi. Kebanyakan anak menggambar berpola rytmis yang diamana terdapat banyak pengulangan pada pembuatan bentuk-bentuk yang sama atau menyerupai. Saran untuk Komunitas Hapan, pada kegiatan pembelajaran harus membuat RPP agar pembelajaran bisa efektif sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.} }