@thesis{thesis, author={RAHAYU ASA ALDINA DWI}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL NUMERASI PADA AKM MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS V SD N SOWANKIDUL KABUPATEN JEPARA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2048/}, abstract={Konteks Penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam memecahkan masalah pada numerasi AKM materi pecahan, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam memecahkan masalah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah ?Apa saja kesulitan belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika soal numerasi AKM yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri Sowankidul Kabupaten Jepara pada materi Operasi Hitung Pecahan dan Faktor apa saja yang mempengaruhi siswa kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal numerasi materi AKM?. Yang bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri Sowankidul Kabupaten Jepara dalam memecahkan masalah soal cerita AKM numerasi materi penjumlahan dan pengurangan operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif, karena mengamati, menganalisis, dan manafsirkan suatu objek yang akan diteliti guna menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi yang digunakan untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil SD N Sowankidul Jepara yang berjumlah dua puluh lima siswa kesulitan paling tertinggi terdapat pada melihat (mengecek) jawaban. Dan sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, melakukan perhitungan matematika, gaya belajar guru yang diterapkan, dan kurangnya respon siswa. Selain itu, kesulitan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah sebaiknya guru lebih memperhatikan kesulitan yang dialami setiap siswa, terutama untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar agar tidak ketinggalan dengan temannya yang sudah memahami materi pelajaran. Guru juga sebaiknya memperhatikan gaya mengajar yang lebih baik, seperti menggunakan media yang mendukung untuk mempermudah siswa memahami materi. Dan kepada siswa sebaiknya dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah matematika ini lebi teliti (mengecek) kembali jawabannya agar tidak mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal. Dalam proses kegiatan pembelajaran sebaiknya siswa memperharikan guru ketika menjelaskan materi agar mampu memahami dengan jelas materi yang disampaikan oleh guru seghingga ketika mengerjakan soal mendapatkan hasil yang baik.} }