@thesis{thesis, author={ASTUTI AYU SRI}, title ={PENGARUH KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 SIMO}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2053/}, abstract={Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh siswa yang tidak disiplin dalam belajar di sekolah ditunjukkan dengan meninggalkan kelas saat jam pelajaran, siswa gaduh dikelas, banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas disekolah, dan siswa melanggar tata tertib. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian true experimental dengan model Matched grups Desaigns. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Simo dengan jumlah 147 siswa. Kelaas VIII-A adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout. Sedangkan untuk sampelnya adalah diambil 16 siswa yang kedisiplinan belajar rendah. Sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan belajar siswa. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas instrument adalah korelasi antara butir dan skor yang dikerjakan dengan korelasi Product Moment sedangkan untuk menguji reliabilitas dengan bantuan program komputer SPSS 22,0 for windows Dari analisis data yang dilakukan peneliti diatas selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan. Hasil pretest mengenai skala kedisiplinan belajar dapat diketahui terdapat 7 siswa pada kategori rendah dengan persentase 87,5%, 1 siswa pada kategori sangat rendah dengan persentase 12,5%. Hasil posttest mengenai skala kedisiplinan belajar dapat diketahui terdapat 7 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 87,5%, 1 siswa pada kategori rendah dengan persentase 12,5 %. Hasil uji Independent Sampel Test menggunakan bantuan program SPSS 22 diperoleh nilai sig. 0.002 < 0.05, maka hipoteses yang berbunyi layanan konseling kelompok melalui pendekatan behavior berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa memiliki perbedaan yang signifikan, yang memiliki perbedaan yang signifikan, dilihat dari hasil perhitungan uji independent Sample T-test Dari uraian di atas, maka dapat dikatakan bahwa layanan konseling kelompok melalui pendekatan behavior efektif untuk mengurangi Disiplin Belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Simo. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok Behavior, Kedisiplinan Belajar Siswa.} }